biologi-donbosco3 - Inti sel, retikulum endoplasma, ribosom, aparatus golgi lisosom dan dinding sel
Friday, 2016-12-09, 8:43 AMWelcome Guest | RSS
My site
Site menu
Login form

Inti sel, retikulum endoplasma, ribosom, aparatus golgi lisosom dan dinding sel


Inti sel – Nukleus


nukleus

intisel/nukleus

Inti sel atau nukleus sebenarnya adalah bentukan dari sebuah membran fosfolipid bilayer, merupakan struktur yang sama dengan membran plasma sel.

Secara garis besar, membran inti terdiri atas tiga bagian, yaitu

  1. membran luar,
  2. ruang perinuklear, dan
  3. membran dalam.

Membran luar dari nukleus akan membentuk retikulum endoplasma (RE) kasar. Sifat membran inti yang tak permeabel terhadap sebagian besar molekul membuat nukleus memerlukan pori inti agar molekul dapat bergerak melintasi membran. Pori inti nukleus bagaikan terowongan yang terletak pada membran nukleus yang berfungsi menghubungkan nukleoplasma dengan sitosol. Fungsi utama dari pori nukleus adalah untuk sarana pertukaran molekul antara nukleus dengan sitoplasma. Molekul yang keluar, kebanyakan mRNA, digunakan untuk sintesis/pembuatan protein.

Pori nukleus tersusun atas 4 subunit, yaitu :

  1. subunit kolom, –> pembentukan dinding pori nukleus
  2. subunit anular,  –> untuk membentuk spoke yang mengarah menuju tengah dari pori nukleus
  3. subunit lumenal,  –> mengandung protein transmembran yang menempelkan kompleks pori nukleus pada membran nukleus
  4. subunit ring.  –> membentuk permukaan sitosolik (berhadapan dengan sitoplasma) dan nuklear (berhadapan dengan nukleoplasma) dari kompleks pori nukleus.

Meskipun bagian dalam nukleus tidak mengandung badan yang dibatasi oleh membran, isi nukleus tidak seragam dan memiliki beberapa badan subnukleus yang terbentuk dari protein-protein unik, molekul RNA, serta gugus DNA. Contoh utama dari badan subnukleus adalah nukleolus, yang terutama terlibat dalam pembentukan ribosom. Setelah diproduksi oleh nukleolusribosom diekspor ke sitoplasma untuk menjalankan fungsi translasi mRNA.

Permasalahan yang dijumpai dan konsep yang salah adalah ketika membandingkan dua isitlah yang disebut dengan membran plasma dan membran internal ketika digunakan untuk menjelaskan perbedaan prokariotik dan eukariotik. Bahwa sebenarnya inti/nuklues itu sendirilah yang disebut membran internal.



Search
Entries archive