biologi-donbosco3 - Mammalia
Friday, 2016-12-09, 8:42 AMWelcome Guest | RSS
My site
Site menu
Login form

Mammalia


Mamalia

Jika ingin melihat taksonomi mamalia secara utuh silahkan klikpada situs ini ---> http://www.factophile.com 

perhatikan gambar berikut ini:

quagga
gb. 1 Quagga

Hewan di atas adalah Quagga. Dia berambut, memproduksi susu, hewan berdarah panas. Quagga adalah simbolis dari kontinuitas antara yang hidup dan yang punah - Dia asli daerah gurun dari benua Afrika sampai akhirnya punah pada tahun  1880. Terkait dengan kuda dan zebra, warnanya coklat kekuningan dengan garis-garis hanya di kepala, leher. Quagga adalah (atau) mamalia berplasenta sehingga disebut Eutheria oleh para ilmuwan.

Eutheria adalah salah satu dari tiga kelompok besar mamalia hidup. Marsupial, atau Metatheria, adalah contoh lain kelas mamalia. Kelompok ini mencakup semua hewan berkantung, seperti oppossums, kanguru, dan  Tasmania Devil. Kelompok ketiga, Monotremata, jauh lebih beragam dan kurang dikenal. Mereka berdarah panas, memiliki rambut, dan menghasilkan susu seperti mamalia lainnya, tetapi mereka bertelur dan tidak melahirkan hidup seperti marsupial dan eutheria.  Secara filogenetik, yang disebut Mamalia adalah semua turunan dari nenek moyang monotremata (seperti echidna) dan mamalia therian (berplasenta-eutherian dan berkantung atau marsupial).

echidna

                                                                                                                       Echidna

infrakelas Eutheria.

Eutheria adalah kelompok yang agak beragam, dengan hampir 4000 spesies ditemukan dan meliputi17 ordo, sebagian besar tikus dan kelelawar. Eutheria memiliki bentuk yang beragam seperti ikan paus, gajah, Tikus, dan armadillo. Diantara Mereka juga organisme yang paling akrab bagi kita, menjadi hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, serta dalam bidang pertanian dan peternakan, seperti domba, sapi, dan kuda.

berikut ini beberapa ordonya

  • Rodentia, -->  karakternya: gigi seri seperti pahat --> contoh : tikus
  • Chiroptera, --> mamalia terbang, nocturna dengan sonar navigasi--> contoh: Megachliroptera Sp (kelelawar)
  • Insectivora,--> mammalia penggali, hidup dominan di bawah tanah--> contoh: Crocidura mutina (tikus cerurut)
  • Carnivora,--> gigi beradaptasi sehingga berfungsi mencabik --> contoh: Canis familiaris (anjing)
  • Primata --> pemanjat pohot, pandangan binocular, ibu jari yang salaing berlawanan -->manusia, gorilla, kera.
  • Artiodactytia,-->mammalia berkuku dengan dua atau empat jari-jari kaki, herbivor contoh: Camerus dromedaricus (unta), rusa, jerapah, babi.
  • Cataceae,--> mammalia laut, tidak berambut kecuali pada moncongdengan dua atau empat jari-jari kakicontoh: Balaenoptera musculus (ikan paus), lumba-lumba.
  • Lagomorfa --> mirip hewan pengerat dengan 4 gigi seri dan suka melompat --> kelinci dan pika.
  • Pinnipedia --> karnivora laut --> makanannya ikan lengan dimodifikasi untuk berenag --> ct: anjing laut, walrus, seals
  • Edentata --> tak bergigi,pemakan serangga --> trenggiling
  • Perissodactyla --> mammalia berkuku dengan satu atau 3 jari -->contoh: tapirus indicus (tapir), kuda, zebra dan badak.
  • Proboscidea --> memiliki proboscis/gading-->contoh: Elephans indicus (gajah)
  • Sirenia --> contoh: Duyon dugong (ikan duyung).

Semua mammalia berplasenta yang hidup,  sebelum kelahiran dipelihara di dalam rahim ibu melalui organ embrionik khusus yang melekat pada dinding rahim, yaitu plasenta. Plasenta berasal dari membran yang sama dengan membran yang mengelilingi embrio dalam amnion telur reptil, burung, dan monotreme. Istilah "mamalia  berplasenta"  sedikit  keliru karena marsupial juga memiliki plasenta. Perbedaannya adalah bahwa plasenta dari marsupial sangat singkat dan tidak memberikan kontribusi yang banyak untuk menyediakan makanan bgagi janin seperti dalam eutherians.

2. Ordo Marsupial

Marsupial adalah kelompok mamalia yang umumnya dianggap sebagai mamalia berkantung. Mereka memberikan kelahiran hidup, tetapi mereka tidak memiliki waktu kehamilan panjang seperti eutheria. Sebaliknya, mereka melahirkan sangat awal sehingga binatang muda (pada dasarnya merupakan embrioyang tak  berdaya), merayap dari lubang kelahiran menuju ke puting susu. Disana dia meraih dengan mulutnya dan terus berkembang selama beberapa minggu atau bulan tergantung pada spesiesnya. Waktu kehamilan mereka pendek dikarena memiliki tipe plasenta yolk-sack . Eutheria memelihara perkembangan embrio menggunakan pasokan darah ibu hingga bayi, sehingga mereka lebih lama waktu kehamilannya.

Seperti mamalia lain, marsupial ditutupi dengan rambut. Ibu menyusui anaknya - kanguru menyusui anaknya bahkan hingga seukuranan ibunya.

3. Ordo Monotremata

Hanya ada lima spesies monotreme yang hidup : platypus yang memiliki paruh bebek dan empat spesies Echidna. Semuanya hanya ditemukan di Australia dan New Guinea. Monotremata bukanlah kelompok yang keragamannya tinggi saat ini, karena belum banyak ditemukan informasi fosil sampai s aat ini.

Dalam beberapa hal, monotremes adalah mamalia primitif, seperti reptil dan burung, mereka bertelur dan tidak melahirkan. Monotremes memiliki moncong atau paruh, dan monotremata dewasa modern tidak memiliki gigi. Seperti mamalia lain, bagaimanapun, monotremata mereka menghasilkan susu untuk memberi makan monotremata muda, dan memiliki rambut.

Jadi secaraumum mamalia adalah kelas hewan vertebrata yang terutama dicirikan oleh:

  • adanya kelenjar susu, pada betina menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya;
  • adanya rambut;
  • dan tubuh yang endoterm atau "berdarah panas".
  • Otak mengatur sistem peredaran darah, termasuk jantung yang beruang empat.
Search
Entries archive